PANJANG UMUR KEBAIKAN - Penggerak Literasi

PANJANG UMUR KEBAIKAN

Isnani Rakhmawati
Sejak setahun lalu, saya berkesempatan “jalan-jalan” dan mengajak guru dan siswa di hampir semua sekolah di Gayo Lues untuk membukukan karya mereka dalam wadah “Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional” bersama Nyalanesia.
Hambatan dan tantangan pasti ada. Namun, itu semua akan luntur saat melihat para peserta dan guru koordinator tersenyum memegang buku hasil pemikiran mereka.
Ada rasa plong, legaa luar biasa, ketika kita bisa menuangkan ide kita dalam tulisan. Seorang Bapak Bangsa, Hadji Oemar Said Tjokroaminoto, bahkan pernah berkata, “jika kita ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan berbicaralah seperti orator.”
Namun, bagi saya sendiri, menulis menjadi sebuah healing bagi jiwa. Tak ada salahnya mencoba. Paling tidak membantu para siswa dan gurunya menemukan jalan untuk berkarya dalam kata, juga menjadikan sebuah bahagia.
Foto-foto berikut adalah karya-karya dari peserta GSMB 2020 dan para guru koordinator SMPN 1 Kutapanjang, SMPIT Bunnaya, SDN 1 Blangjerango, SMAN 1 Kutapanjang, Guru koordinator SDN Blangjerango,guru koordinator SMPN 1 Kutapanjang, MGMP Matematika yang semuanya diterbitkan melalui Nyalanesia.

Artikel Terkait